Thursday, July 27, 2006

syarita tarikat hakikat makrifat

syariat tarikat hakikat makrifat, adalah ibarat air hujan yang turun ke bumi lantas menumbuhkan berjuta2 jenis tanaman.. bentuk dan rupa serta rasa yg bermacam2 pula.

sumbernya satu je, tapi bias die boleh beragam.
bak kate pepatah banyak jalan menuju roma, seorang guru pernah berkata ke sy, "tuhan mu tuhan sya berbeda tapi pencipta kita satu"
sebagian dari arti nya adalah jalan kita berbeda2 tapi tujuan kita satu..

syairat tarikat hakikat makrifat adalah istilah.. adalah jalan adalah bias dari Yang Esa. Ambil yg Satu jadikan banyak .. ambil yg banyak jadikan satu.

sy sangat tidak setuju sekali ketika pembahasan akan sebuah kebatilan/kesesatan lebih condong minda ummat skarag ini melekatkannya ke hal2 tasawuf.. sekaligus menyuatakan bahwa syariat la yg paling suci.. padahal mayoritas dari yg berfahaman seperti ini dalam memahami syariat masih sebatas istilah.. bukan sebagai 'akhlak' nya.

dalam hal apapun kita bisa sesat, dan dalam hal apapun kita boleh mendapatkan hidayah ... sebab semua adalah ayat2 Allah yg kita disuruh untuk mengkaji nya.. bukan sekedar melihat.

orang belajar syariat bahkan yg menjalankan syariat aja bisa sesat bahkan syirik.. contoh sholat tp terselip riya di dalamnya bukankah sirik ?
tasawuf jg bukan satu2nya jalan pensucian dari kesyirikan..

Allah memerintahkan kita 'mengakhlaki' Islam secara kaffah. so bukan pemikiran yg selalu terbuka/open je yg perlu.. tp hati yg selalu terbuka untuk menerima nilai2 ..baik itu positif maupun negatif.. selanjutnya serahkan keputusan nilai itu Allah yg putuskan.

memang tidak mudah istiqomah dalam hal ini.. tapi bukankah Rasulullah sudah mewasiatkan Al-quran dan Sunnahnya ? dua hal ini jua lah modal kita menakar dan menimbang setiap amal dan perbuatan kita.

tambahan: zikir seperti maklum diketahui terbagi kepada beberapa bagian.. lisan, hati, dan diri. zikir intinya menghadirkan kesadaran diri akan Allah.. intinya jg membaca ayat2 Allah..
jika alam semesta adalah ayat2 allah .. maka alangkah luasnya cakupan dan kandungan 'zikir' itu.. so istilah bukanlah seharusnya jadi pembatas kita.. jangan jadikan istilah2 hijab kita.. tp gali trus makna hakikat dari segala sesuatu..

tidak ada yg menjamin keselamatan kita bahkan Rasul sendiri dalam hadis sudah menjelaskan bukan amal Beliau jaminan keselamatan di akhirat.. melainkan RAHMAT ALLAH.

mohon rahmat Allah adalah kunci.

mohon maaf jika berkesan menggurui.. sama sekali tidak berniat merasa ini itu.. hanya menyampaikan apa yg guru saya sampaiakn ke saya

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home