Wednesday, August 03, 2005

Tetaplah Muda dengan Pilihan Makanan ini.....

Di waktu lalu, Anda telah membaca tentang kecenderungan ke arah gaya makan vegetarian (baca berita terkait )

Riset kedokteran telah membuktikan bahwa itu merupakan cara yang paling efektif dan paling bertahan lama untuk menurunkan badan dan membuat Anda tetap awet muda.

Masalahnya bukan berapa banyak makanan yang Anda makan. Sebab, orang yang berbeda membutuhkan jumlah makanan yang berbeda, Namun yang lebih penting adalah kualitas makanan yang Anda makan, khususnya lemak dan serat.

Dengan menghindari daging tinggi lemak (terutama goreng) dan produk susu (terutama keju di pizza, dan kue keju serta es krim), dan memilih sayuran, buah, dan padi-padian yang sehat, Anda akan tampak lebih muda dan hidup lebih lama. Selain itu, Anda akan merasa lebih sehat, dengan lebih banyak energi dan kesiagaan.

Ketimbang harus membuat banyak keputusan kecil tentang berapa banyak makanan yang harus Anda makan, Anda hanya perlu mengambil satu keputusan: makan makanan yang sehat. Titik!

Sarapan pagi sereal tinggi serat dengan susu skim disertai pisang dan jus jeruk akan membuat Anda tetap kenyang sampai tiba jam saat siang beberapa jam kemudian. Pada saat tersebut Anda dapat memilih makan roti gandum atau bagel dengan sedikit selai atau jelly atau, jika Anda di tempat kerja, ditambah beberapa potong buah kegemaran Anda. Untuk makan siang Anda dapat menikmati sayuran dan salad, sambil memastikan bahwa sausnya berasal dari jenis rendah lemak.

Hal sederhana yang harus diingat: semakin sedikit diolah, semakin baik! Sayuran segar dan buah adalah yang terbaik. Urutan selanjutnya: beras merah, roti dan sereal kaya serat, kentang tidak dihancurkan, dan pasta.

Daging ikan lebih baik dari daging unggas, dan daging unggas lebih baik dari daging merah, yang tidak boleh dilapisi oleh lemak. Kulit unggas harus dihindari. (Pilihlah daging yang berwarna putih ketimbang daging berwarna gelap, karena daging berwarna gelap mengandung lemak dua kali lebih banyak dibandingkan daging putih.)

Jika Anda tidak dapat melepaskan daging, maka pilihan terbaik adalah daging merah yang bebas lemak. Makanan laut yang terbaik adalah yang dibakar atau direbus. Jika Anda ingin makan telur, pilihlah putih telur atau carilah pengganti telur yang Anda suka.

Apa yang Menjadi Pengganti

Jangan memilih mayones, cobalah timun, tomat, atau kubis untuk mendapatkan kelembaban. Jangan mencoba potato chips, cobalah popcorn polos (tanpa tambahan butter). Jangan mencoba es krim, cobalah es susu atau sorbet. Dan waspadalah bahwa selai kacang yang tampaknya tidak bersalah --dua sendok makan saja mengandung 16,2 gram lemak.

Roti yang Baik dan Buruk

Roti dapat sangat menyehatkan dan nikmat, terutama roti “olahan” yang mengandung bawang putih. Carilah roti yang memiliki gelembung-gelembung besar. Jenis ini cenderung bebas lemak. Hindari roti yang memiliki tekstur seperti cake dengan gelembung-gelembung kecil -- uh! mereka penuh dengan lemak. Dan jika roti sendiri rasanya telah lezat, Anda tidak perlu menambahkan unsur lemak seperti butter atau selai kacang. Carilah roti gandum yang bebas lemak dan Anda mendapatkan kandungan serat yang cukup.

Mitos Protein

Masalah dengan protein hewan adalah pada lemak jenuh dan kolesterol yang menyebabkan penyumbatan arteri.

Selain itu, sebagian besar orang makan lebih banyak protein dari yang mereka butuhkan. Orang dewasa di Amerika makan protein 30 persen lebih banyak.

Selain itu, Anda sesungguhnya Anda tidak membutuhkan satupun protein hewan untuk membuat sehat. Anda dapat memperoleh semua protein yang Anda butuhkan dari sumber bukan daging. Namun banyak orang berpendapat bahwa mereka membutuhkan steak setiap hari agar dapat makan dengan tepat. Orang Amerika makan rata-rata 10,6 ons daging merah dibandingkan dengan 2,24 ons yang dimakan setiap hari oleh orang Jepang.

Keajaiban Minum Air

Mungkin ada baiknya mengingatkan Anda akan manfaat minum enam sampai delapan gelas air setiap hari. Semakin tua kita, semakin penting hal ini. Saat kita menjadi tua, sel-sel tubuh kita menahan lebih sedikit air, 10 sampai 15 persen lebih sedikit pada usia 65 tahun. Lebih banyak air jelas membantu kita tampak lebih muda karena sel-sel kulit kita mendapatkan kesegaran air bersama dengan semua sel-sel tubuh lainnya. Begitu? (zrp/Look Ten Years Younger)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home